Blogger news

Pages

Rabu, 24 April 2013

MANFAAT KUNYIT

MANFAAT KUNYIT

Kunyit (Curcuma domestica Vahl.) atau lebih dikenal sebagai kunir oleh masyarakat Jawa dan koneng dalam bahasa Sunda adalah tanaman obat yang berasal dari Asia. Tanaman dari famili Zingiberaceae ini tumbuh amat baik di Indonesia dan mudah didapati di pasaran. Bagian utama dari kunyit yang memiliki khasiat obat adalah rimpangnya yang berada di dalam tanah.

Kunyit rasanya agak pahit dengan campuran sedikit pedas, berbau khas aromatik, berwarna kuning dan tidak beracun. Senyawa kimia utama yang terkandung dalam rimpang kunyit adalah minyak atsiri dan kurkuminoid. Warna kuning kunyit berasal dari kurkuminoid yang mengandung kurkumin. Aroma khasnya adalah dari minyak atsiri yang mengandung alkohol seskuiterpen. Rimpang kunyit juga mengandung protein, kalsium, fosfor, besi, lemak dan gom.

Anti KankerCurcumin adalah antioksidan yang dapat mencegah terjadinya kerusakan dan mutasi sel karena radikal bebas. Curcumin juga memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan kanker terutama kanker payudara, kanker kokon (kanker usus), kanker kulit, kanker perut, dan kanker paru-paru.

Mengurangi Resiko DiabetesCurcumin yang terdapat dalam kunyit dapat mengurangi resistansi insulin, sehingga membantu mengendalikan kadar glukosa darah dan mengurangi resiko diabetes tipe 2.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 3 rimpang kunyit, ½ sendok teh garam dan 1 liter air. Sedangkan cara membuat dan menggunakannya adalah sebagai berikut;

    Cuci kunyit hingga bersih, kemudian rebus bersama ½ garam hingga mendidih dan kemudian disaring.
    Minum ramuan ini dua kali seminggu,masing-masing ½ gelas

Meningkatkan ImunitasKunyit mengandung zat lipopolisakarida yang menunjukkan kemampuan menstimulasi dan meningkatkan aktivitas sistem imunitas tubuh (kekebalan tubuh).

 Menstimulasi PencernaanCurcumin merangsang kandung empedu untuk menghasilkan empedu, sehingga membantu pencernaan, dan mengurangi gejala kembung. Namun harus diperhatikan bahwa orang yang memiliki penyakit kandung empedu tidak boleh menggunakan kunyit sebagai suplemen makanan karena dapat memperburuk kondisi tersebut.

AntioksidanCurcumin merupakan bahan antioksidan. Antioksidan berperan mencegah kerusakan dan kematian sel akibat radikal bebas. Selain itu kunyit juga mengandung zat antioksidan lain yaitu vitamin C.

Mengobati Uveitis (Radang Uvea Mata)Curcumin dapat membantu mengobati uveitis (radang pada uvea mata). Curcumin menunjukkan kemampuan sebagai kortikosteroid yang efektif pada penderita uveitis.

Mengobati IBS (Inflammatory Bowel Syndrome)Curcumin diketahui efektif membantu mengobati IBS (inflammatory bowel syndrome).

Mengobati Radang SendiCurcumin memiliki khasiat anti-inflamasi (anti-radang) sehingga membantu mengobati radang sendi. Ekstrak kunyit banyak tersedia sebagai obat radang sendi dalam bentuk kapsul.

Menghaluskan KulitBubuk kunyit banyak digunakan sebagai bahan perawatan untuk menghaluskan kulit. Kunyit diketahui dapat membantu menyembuhkan gangguan kesehatan kulit berupa jerawat, spot, dan kulit kering.

Menyehatkan RambutEkstrak kunyit banyak digunakan sebagai stimulator pertumbuhan rambut. Ekstrak kunyit juga dapat dipakai sebagai penghilang ketombe.

Mengurangi Nyeri HaidKunyit mengandung zat yang memiliki sifat antispasmodic (anti-kejang) dan sifat analgesik (menghilangkan nyeri) sehingga membantu mengurangi nyeri karena menstruasi.

Cara: Siapkan 1 rimpang kunyit kira-kira 4 cm, 1/2 rimpang kencur ukuran 4 cm, 1 rimpang jahe ukuran 4 cm. Cuci semua bahan kemudian di parut dan ambil airnya tambahkan pula perasan air jeruk. Seduh air parutan tadi dengan 1/2 gelas air panas. Agar lebih nikmat, bisa juga di tambahkan madu, gula, dan garam sesuai selera. Minum pada hari pertama haid.

Membantu Menyembuhkan LukaKunyit mengandung bahan anti-septik dan bahan anti-bakteri sehingga dapat digunakan sebagai desinfektan untuk luka biasa dan luka bakar.

Mengurangi Resiko Penyakit AlzheimerRadang di otak dianggap sebagai salah satu faktor penyebab penyakit Alzheimer. Penelitian menunjukkan bahwa kunyit mengandung zat anti-inflamasi dan antioksidan. Mengkonsumsi kunyit dapat melindungi otak dari penyakit Alzheimer.

Mengurangi Resiko AnemiaAnemia dapat disebabkan oleh kekurangan zat besi. Kunyit kaya akan mineral zat besi yang merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah.

Mengurangi Resiko Aterosklerosis
Kunyitmengandung zat yang dapat mencegah oksidasi LDL (kolesterol jahat) sehingga mencegah penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah yang dapat menyebabkan aterosklerosis.

Mengobati Penyakit Typhus
Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto dan 1 gelas air matang. Cara membuat dan menggunakannya adalah sebagai berikut;

·         Cuci bersih semua bahan, kemudian tumbuk hingga halus.

·         Tambahkan satu gelas air matang yang masih hangat kemudian di saring

·         Minum ramuan ini setiap hari selama satu minggu.

Mengatasi Usus Buntu

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah kunyit sebanyak satu rimpang, jeruk nipis satu buah, gula aren sebanyak satu potong, garam dan air panas satu gelas. Sedangkan cara membuat dan menggunakannya adalah sebagia berikut;

    Parut kunyit dan peras jeruk nipis, kemudian campurkan dengan bahan yang lain.
    Air panas digunakan untuk menyeduh, kemudian saring.
    Minum ramuan ini pada tiap pagi sehabis sarapan.

Mengatasi  Keputihan
Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, 1 potong gula aren dan 1 liter air. Sedangkan cara membuat dan menggunakannya sebagai berikut;

    Rebus semua bahan dengan 1 air hingga mendidih, kemudian saring.
    Minum ramuan satu gelas sehari

Mengatasi Ketombe
Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 2 rimpang kunyit dan minyak zaitun. Sedangkan cara membuat dan menggunakannya adalah sebagai berikut;

    Campurkan kunyit yang sudah diparut dengan minyak zaitun panas.
    Balurkan campuran tersebut pada kulit kepala yang sudah dibasahi, kemudian bilas dengan shampoo.

Mengatasi Jerawat
Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 3-4 rimpang kunyit, susu, dan minyak zaitun. Sedangkan cara membuat dan menggunakannya adalah sebagai berikut;

    Campurkan kunyit yang sudah diparut dengan minyak zaitun dan susu.
    Jadikan campuran tersebut sebagai masker dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Manfaat Kunyit Bagi Kecerdasan Otak
Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang terbukti dapat melindungi otak. Selain itu, kunyit sangat membantu daya ingat kita. Jadi supaya Anda tidak gampang lupa, ada baiknya konsumsi kunyit ini.

Mengobati sakit Cangkrang (Waterproken).
Cara: 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun eceng, kemudian tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus. Oleskan ramuan tadi pada bagian yang kena cangkrang.

Mengobati Berak Lendir (Disentri).

 Caranya 1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4 sendok makan kapur sirih. Kemudian direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring. Lalu Diminum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore.

Mengobati Mencret.

Cara: kunyit 1/2 jari, Rasuk angin 1/2 sendok teh, Ketumbar 3 biji, Buah kayu ules 1 biji, daun trawas 1 helai. Campur semua bahan kemudian di tumbuk,  tambahkan air sebanyak 115 ml. Rebus hingga mendidih kemudian disaring. Minum diwaktu pagi dan sore hari, sekali minum sebanyak 100 ml

Memperlancar ASI.
 Cara: 1 rimpang kunyit ditumbuk sampai halus, kamdianunakan: Dioleskan sebagai kompres diseputar payudara 1 kali setiap 2 hari.

0 komentar:

Posting Komentar