Blogger news

Pages

Rabu, 24 April 2013

manfaat jahe Bagi kesehatan

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Jahe merupakan rimpang dari tanaman bernama ilmiah Zingiber Officinale Roscoe. Tanaman jahe berasal dari Asia Pasifik dan tersebar dari India sampai Cina. Di dunia perdagangan, penanaman jahe berdasarkan daerah asalnya, misalkan jahe Afrika, jahe Chochin atau jahe Jamika. Sejak 250 tahun yang lalu, di Cina Jahe sudah digunakan sebagai bumbu dapur dan obat. Di Malaysia, Filipina, dan Indonesia jahe banyak digunakan sebagai obat tradisional. Sedangkan di Eropa pada abad pertengahan, jahe digunakan sebagai aroma pada bir.

KandunganJahe
Kandungan di dalam jahe sangat banyak sekali, antara lain:

    Gingerol dan minyak terbang, seperti limonene, 1,8 cincole, 10 dehydrogingerdione, 6 gingerdione,arginine, a-linolenic acid, aspartic, β-sitostrerol, caprylic acid, capsaicin, chlorogenis acid, farnesal, farnesene, farnesl dan unsur pati seperti tepung kanji, serta serat-serat resin dalam jumlah sedikit.
     Volatile oil (minyak menguap), Non-volatile oil (minyak yang tidak menguap) dan pati
    Minyak atsiri yang merupakan salah satu komponen senyawa yang memberikan aroma yang khas pada jahe merah. Di dalam minyak atsiri juga mengandung uraian senyawa seperti : n-nonylaldehyde, d-camphene, d-β phellandrene, methyl heptenone, cineol, d-borneol, geraniol, linalool, acetates dan caprylate, citral, chavicol dan zingiberene. Kesemua komponen yang termasuk dalam minyak atsiri sering digunakan untuk bahan baku dalam pembuatan jenis obat-obatan tertentu dan industri farmasi lainnya. Jika dihitung berdasarkan berat kering jahe merah mengandung minyak atsiri sebesar 2,58 – 2,72%
    Oleoresin termasuk dalam kelompok minyak yang tidak menguap yang terdapat pada jahe merah. Oleoresin yakni suatu unsur kimia pendukung yang memberikan rasa pahit dan pedas pada jahe merah. Pencapaian senyawa Oleoresin pada jahe sekitar 3 % namun tergantung dari jenis jahe, karena jahe ada yang memiliki persamaan dan perbedaan kandungan senyawa

Beberapa manfaat dari jahe, antara lain:

Mencegah Perut BuncitDengan mengkonsumsi jahe sebelum makan mampu mencegah terjadinya perut buncit. Hal ini dikarenakan jahe sendiri mengandung metabolismedan memperlancar pencernaan. Dengan adanya peningkatan metabolisme tersebut, akan mempercepat pembakaran kalori dan meratakan perut buncit.

Membuat Tubuh Menjadi PerkasaKandungan senyawa yang terdapat pada jahe memiliki sifat inklamasi yang sangat efektif membangun otot. Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi jahe secara teratur membantu mengurangi rasa sakit pada otot yang disebabkan kaena latihan fisik.

Sebagai Obat JerawatSalah satu penelitian yang dilakukan di Universitas Maryland Midical Center, untuk membantu mecegah timbulnya jerawat dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe maksimal 4 gram per hari. Karena jika mangkonsumsi jahe pada dosis yang tinggi mampu menyebabkan efek samping seperti iritasi, mules, dan diare.

Menurunkan Berat BadanJahe berfungsi melebarkan pembuluh darah membakar kalori menjadi panas tubuh. Selain itu jahe hanya mengandung sedikit kalori sehingga tidak berkontribusi menaikkan berat badan anda. Seduhan wedang jahe sangat baik bagi kesehatan dan metabolisme tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah Tingi
Jahe memiliki kemampuan melebarkan pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormon adrenalin. Oleh karena itulah darah akan mengalir lebih cepat dan lancar, serta meringankan kerja jantung dalam memompa darah.

Membersihkan Kotoran di Dalam TubuhJika kita sering mengkonsumsi jahe dengan cara diseduh, biasanya kita akan berkeringat. Melalui keringat itulah dikeluarkan begagai kotoan jahat yang ada di dalam tubuh.

Mencegah Penggumpalan Darah
Di dalam jahe terkandung senyawa yang bernama gingerol. Gingerol ini merupakan salah satu senyawa yang mempu mencegah penggumpalan darah karena akan berubah menjadi antikoagulan. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke dan serangan jantung.

Membantu pencernaan
Karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.

Mengobati sakit gigi
Nyeri gusi dan sakit gigi ternyata bisa juga dicegah dengan kebiasaan minum air jahe. Ini karena jahe memiliki sifat anti jamus dan anti bakteri.

Mencegah Siklus Menstruasi tidak teratur
Jahe memberi manfaat keteraturan siklus menstruasi wanita. Di China misalnya, jahe dan gula merah dicampurkan dalam teh banyak dikonsumsi untuk mengurangi kram saat datang bulan.

Mencegah beberapa Jenis Kanker
Dari hasiat harian, jahe yang diekstrak juga ampuh menghambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker.

Menangkal Radikal Bebas
Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas didalam tubuh.

Mengurangi morning sickness.
 Ibu yang sedang hamil muda biasanya mengalami hal ini. Mengkonsumsi air jahe hangat adalah cara tercepat untuk mengurangi efek mual dari morning sickness.

Mabuk kendaraan.
Orang yang sering merasa mual dan mabuk saat naik kendaraan atau pesawat dapat mengkonsumsi air jahe untuk mengurangi mual. Jahe pun dapat mengurangi efek jet lag.

Batuk dan tenggorokan gatal.
 Jahe dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk dari serangan virus batuk dan flu. Selain itu, jahe meringankan gatal dan sakit tenggorokan. Konsumsi jahe saat batuk, sangat melegakan dan mengencerkan dahak.

Pereda Rasa Sakit
Pereda rasa sakit yang alami dan dapat meredakan nyeri rematik, sakit kepala, dan migren. Caranya, minum wedang jahe 3 kali sehari. Bisa juga minum wedang ronde, mengulum permen jahe, atau menambahkan jahe saat pada soto, semur, atau rendang.

Mengobati rematik.
Siapkan 1 atau 2 rimpang jahe. Panaskan rimpang tersebut di atas api atau bara dan kemudian ditumbuk. Tempel tumbukan jahe pada bagian tubuh yang sakit rematik. Cara lain adalah dengam menumbuk bersama cengkeh, dan ditempelkan pada bagian tubuh yang rematik.

0 komentar:

Posting Komentar