Blogger news

Pages

Jumat, 17 Mei 2013

manfaat lidah buaya

Tanaman Lidah Buaya atau bahasa latinya Aloe Vera merupakan jenis tanaman tropis yang berbentuk daun tebal berdaging. Awalnya tanaman ini merupakan tanaman liar yang kini telah menjadi tanaman hias yang mudah di jumpai di rumah-rumah.

Kandungan berbagai zat biologis aktif pada Lidah Buaya seperti ; Mannans Asetat, Polymannans, Antrakuinon dan berbagai Lektinmembuat. Sehingga tanaman ini banyak di budidayakan sebagai tamanam obat baik untuk kecantikan dan pengobatan.

Bukan hanya itu Lidah Buaya juga mengandung 72 jenis zat bermanfaat dan ada pula kandungan lebih dari 200 senyawa lainnya. Di antara zat-zat tersebut termasuk:

    Enzim yang membantu pencernaan serta mencegah peradangan.
    Semua jenis vitamin terkecuali vitamin D.
    Mengandung mineral yang diperlukan enzim
    Mengandung 20 dari 22 jenis Asam Amino
    Kandungan Saponin, sebagai anti microba

Seiring dengan pesatnya kemampuan dan perkembangan kemajuan ilmu teknologi dan pengetahuan, lidah buaya tidak hanya dimanfaatkan sebagai tanaman herbal saja melainkan mulai merambah ke industri farmasi, bahan baku pembuatan kosmetik, dan menjadi salah satu bahan baku pembuatan minuman serta makanan kesehatan.

Berikut ini manfaat Lidah Buaya untuk kesehatan dan obat:

DetoksifikasiLidah buaya di jadikan jus, dapat berfungsi sebagai penetralisir racun yang masuk kedalam tubuh secara alami. Namun juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat pula membantu tubuh mengatasi stress.
Adapun cara pemanfaatan lidah buaya sebagai detoksifikasi dan stress adalah dengan memblender lidah buaya untuk dijadikan jus. Serta minumlah jus tersebut.

Menurunkan kadar gula penderita Diabetesdengan mengkonsumsi 1/2 sendok jus lidah buaya diminum selama 14 hari telah terbukti mampu menurunkan kadar gula penderita Diabetes sebanyak 45%. atau dengan cara Siapkan sekitar 2 buah lidah buaya, kemudian cuci bersih, lalu buanglah duri-duri yang terdapat disamping lidah buaya, dan potong-potong menjadi beberapa bagian. Langkah selanjutnya rebus potongan lidah buaya dengan air  3 gelas, minum rebusan air itu 3 kali sehari setelah anda makan. Lakukan cara ini sampai gula darah anda turun.

Kekebalan tubuhkandungan anti oksidan pada lidah buaya mampu meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh.

Mengobati ganguan pencernaantanaman lidah buaya juga bermanfaat mengatasi iritasi pada usus, tukak lamubung, perut terasa panas, dan menenangkan Esofagus serta mengatasi Refluks asam.

Mengobati luka bakarGel dari lidah buaya sudah dikenal dan telah dugunakan selama bertahun-tahun mengobati luka bakar.

Menjaga kesehatan mulutLidah buaya juga bermanfaat menjaga kesehatan mulut, terutama gusi yang semakin memburuk.

Mengatasi luka lebam dan luka dalamLidah buaya bisa mengobati luka lebam dan luka dalam. caranya, siapkan 10-15 gram bunga kering lidah buaya direbus,minum.

wasirdengan cara siapkan 1/2 batang daun lidah buaya dihilangkan duri-durinya, cuci bersih lalu diparut. tambahkan 1/2 cangkir air matang dan 2 sendok makan madu, aduk, saring, minum 3 kali sehari.

obat sembelit1/2 batang daun lidah buaya dicuci dan dibuang kulit duri nya, isinya dicincang lalu disedu dengan 1/2 cangkir air panas dan tambahkan 1 sendok makan madu hangat-hangat dimakan sehari 2 kali.

Mengobati kencing darahDengan menyiapkan 15 gr lidah buaya untuk diperas dan ditambah 300 gr gula campurkan air beras secukupnya.

Lidah buaya mempermudah kerja usus.Kandungan Aloe lateks yang terdapat pada lidah buaya dangat baik untuk mempermudah kinerja usus kita, adaoun kandungan aloe lateks tersebut adalah sbb: antrakuinon glycosidesaloin A serta antrakuinon glycosidesaloin B.

Perawatan kulitLidah buaya dapat menjaga kelembaban kulit, menghilangkan jerawat, menghilangkan bekas luka, mengobati jerawat, detoksifikasi kulit, mengurangi peradangan, perbaikan dan peremajaan kulit.

Mengatasi ketombe, rambut rontok, dan kebotakanSejak jaman dulu lidah buaya banyak digunakan sebagai obat untuk mengatasi ketombe dan gatal pada rambut. Caranya dengan mengoleskan lidah buaya pada rambut dan kulit kepala, biarkan selama 40 - 60 menit, kemudian bilas dengan keramas hingga bersih.

demikian sedikit info tentang manfaat dari lidah buaya... semoga bermanfaat ^_^

0 komentar:

Posting Komentar