Blogger news

Pages

Jumat, 17 Mei 2013

berbagai macam manfaat kacang hijau

Kacang hijau adalah tanaman jenis tumbuhan yang termasuk polong polongan(fabaceae). Tanaman yang satu ini banyak tumbuh di dataran beriklim tropika. Tanaman yang biasa dijadikan bubur dan  isi makanan ini memang banyak mengandung vitamin dan protein.

Kandungan Kacang Hijau

    Tinggi protein    Kacang hijau merupakan sumber alternatif protein nabati. Kacang hijau mengandung protein tinggi sebanyak 7 gr/100 gr. Protein yang terkandung memiliki asam amino lengkap. Protein pada kecambah kacang hijau sudah berkurang jumlahnya yaitu hanya 3 gr/100 gr, tetapi asam aminonya sebagian dalam bentuk bebas yang cepat diserap tubuh.

    Tinggi kandungan serat    Kacang hijau memiliki kandungan serat yang tinggi sekitar 7,6 gr/100 gr. Kandungan serat ini mencukupi kebutuhan serat harian Anda sebesar 30%. Serat berguna untuk membantu melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi.

    Rendah karbohidrat    Karbohidrat yang terkandung dalam kacang hijau adalah 19 gr/100 gr.

    Mengandung asam lemak esensial    Asam lemak esensial yang terkandung dalam kacang hijau adalah omega-3 (0,9 mg/100 gr) dan omega-6 (119 mg/100 gr). Omega 3 merupakan asam lemak yang berguna untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

    Rendah lemak    Sangat baik bagi orang yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau menyebabkan bahan makanan atau minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah tengik, sebab kacang hijau hampir tidak mengandung lemak.

    Kaya vitamin    Kacang hijau mengandung asam folat dan vitamin B1 (thiamin) yang tinggi. Asam folat sebanyak 159 µg/100 gr dan thiamin sebesar 0,2 mg/100 gr. Selain itu juga kaya vitamin B lain, seperti riboflavin, B6, asam pantothenat, serta niasin. Vitamin yang terkandung didalamnya membantu meningkatkan energi dan metabolisme.

    Kaya mineral    Kacang hijau kaya akan mineral, dalam 100 gramnya mengandung seperti potasium (266 mg), phosphorus (99 mg), manganese (48 mg), kalsium (27 mg), magnesium (0,3 mg), besi (1,4 mg), zinc (0,8 mg), selenium (2,5 µg).

    Kaya enzim aktif    Kacang hijau yang sedang dalam masa perkecambahan. Kaya akan enzim aktif seperti amilase yang meningkatkan penyerapan dan pembentukan energi. Enzim ini rusak pada suhu diatas 400 C, hindari pemanasan dengan suhu tinggi.

    Kaya antioksidan    Kecambah kacang hijau memiliki kandungan fitosterol (15 mg/100 gr) yang berfungsi sebagai antioksidan.

Karena kandungannya banyak bermanfaat bagi tubuh,  kacang hijau banyak dikonsumsi, baik diolah menjadi bubur  hingga kecambahnya pun biasa digunakan untuk menu masakan. Berikut adalah manfaat dari kacang hijau.

mengobati sakit kepalacaranya, siapkan secangkir kacang hijau dicuci dan kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih. diamkan selama 15 menit, dalam keadaan suam suam kuku airnya diminum dan kacangnya dimakan 2 kali sehari.

bayi demamcaranya buatlah rebusan kacang hijau, lalu minumkan airnya sedikit demi sedikit, sebelumnya beri satu sendok makan madu pada kacang hijau.

varisescaranya segenggam kacang hijau direbus dengan dua gelas airbiarkan sampai air susut sampai kira-kira satu gelas. minum rebusan ini dua kali sehari, pagi dan menjelang tidur. sementara minum ramuan tersebut, anda harus melakukan hal berikut:
saat akan tidur, angkat kaki pada posisi yang lebih tinggi dari kepala. diamkan selama 10 menit, lakukan posisi seperti ini setiap hari sembari minum rebusan kacang hijau.

maagbahan:
1/4 kacang hijau
air hangat secukupnya

cara membuat:
kacang hijau dijemur sampai kering lalu ditumbuk sampai halus. setelah itu, ambil satu sendok makan bubuk kacang hijau. seduhlah dengan air hangat sebanyak satu gelas secukupnya. minum secara teratur.

Memperlancar KencingCaranya : Rebus 30 g kacang hijau dan 30 g daun sendok dengan 400 cc air sampai kacang hijau matang. Setelah dingin tambahkan madu secukupnya dan makan rebusan tersebut secara teratur hingga kencing lancar.

Meningkatkan Vitalitas PriaCaranya : Rebus 30 g kacang hijau, 2 ruas jahe, 15 g merica, 15 g adas, 15 g pulosari, 15 g biji kucai, 15 g biji paria dan 15 g biji ketumbar dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya. Setelsh dingin minum secara teratur.

Mengobati Rambut RontokCaranya : Rebus kacang hijau secukupnya dengan satu gelas air hingga mendidih, setelah dingin gunakan air rebusan tersebut untuk membasahi kepala sambil di pijit - pijit beberapa saat dan biarkan kering. Kemudian basuh atau keramas.

Mengobati BisulCaranya : Rebus 50 g kacang merah kecil, 50 g kacang hijau, 50 g kedelai hitam hingga mendidih. Selanjutnya rebus 2 ruas jahe hingga mendidih, dan campurkan air rebusan kacang hijau dengan air rebusan jahe kemudian minum secara teratur. Untuk bisul yang sudah matang campuran tadi di tambahkan madu secukupnya.

KolesterolApabila Anda menderita kolesterol tinggi maka Anda bisa menguranginya dengan mengkonsumsi kacang hijau setiap hari. Kacang hijau adalah makanan rendah kolesterol dan banyak mengandung serat yang mudah larut. Serat ini mengacu pada beberapa partikel makanan yang sulit dicerna. Serat makanan terdiri dari 2 macam: dapat larut dan tidak larut. Serat yang tidak larut membantu menormalkan buang air besar namun tidak banyak membantu dalam menurunkan tekanan darah. Serat yang mudah larut apabila dicampur dengan air di dalam saluran pencernaan akan membentuk bahan sepert jelly yang pada gilirannya membantu mendukung fungsi-fungsi penting tubuh.

Makanan yang kaya akan serat mudah larut diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dengan cara meningkatkan produksi penyerap LDL yang berfungsi untuk menghilangkan kelebihan kolesterol LDL dalam darah.
Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi 10 sampai dengan 25 gram serat mudah larut tiap hari untuk mengurangi jumlah kolesterol LDL. Satu cangkir kacang hijau mengandung 1,9 gram dari total jumlah serat mudah larut yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Kacang hijau dapat dikombinasikan dengan makanan berserat lainnya guna mengurangi kadar kolesterol LDL lebih lanjut.

Kanker PayudaraKacang hijau dan jenis kacang-kacangan lainnya mengandung zat yang dapat memerangi infeksi virus. Zat ini memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker tertentu termasuk yang ditemukan pada kanker payudara. Zat ini diketahui juga dapat menghambat dan mencegah pembentukan sel-sel tumor.

Pasca MenopauseKacang-kacangan seperti halnya kacang hijau mengandung nutrisi isoflavon. Nutrisi ini membantu pengaturan aktivitas hormonal. Isoflavon adalah kelompok phytoestrogen, membuat kacang hijau bersifat estrogenik secara alamiah. Kacang hijau mengandung kira-kira 495,1 mikro gram kandungan phytoestrogen membuat kacang hijau sumber phytoestrogen yang baik.

Dalam uji coba selama 12 minggu, phytoestrogen menunjukkan dapat meredakan panas yang mengganggu dan tidak menyenangkan. Mengkonsumsi
90 mg per hari phytoestrogen dapat membantu perempuan pasca-menopause dalam mencegah dampak buruk dari osteoporosis dengan merangsang
pembentukan tulang.

DiabetesKacang hijau adalah makanan dengan indeks glikemik rendah, berarti ia makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabeter. Makanan dengan kadar glikemik rendah menyebabkan kadar gula yang sehat. Orang-orang yang mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah cenderung mempunyai tingkat lemak tubuh yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti halnya roti dan minuman ringan.

ProteinTiap cangkir kacang hijau mengandung kira-kira 3,16 gram protein. Sedangkan daging tetap merupakan sumber protein yang terbaik, yaitu 7 gram per ounce (= 28.35 gram), kacang hijau dan makanan sayuran lainnya mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan daging tertentu.

bermanfaat baik untuk ibu hamil. Adapun hal-hal yang membuat kacang hijau bermanfaat baik untuk kesehatan ibu hamil adalah adanya kandungan, Asam folat, vitamin B1, B2 kandungan protein, lemak tak jenuh, karbohidrat, kalsium dan fosfor, semua kandungan ini bermanfaat untuk kesehatan janin dan ibu hamil. Jadi kacang hijau cocok untuk dikonsumsi para ibu hamil yang menginginkan kesehatan dalam mengandung bayi.

Untuk pertumbuhan. Pada awalnya vitamin B1 dikenal sebagai anti beri-beri. Selanjutnya dibuktikan bahwa vitamin B1 juga bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan. Defisiensi vitamin B1 dapat mengganggu proses pencernaan makanan dan selanjutnya dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan. Dengan meningkatkan asupan bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B1, seperti kacang hijau, hambatan pertumbuhanpun dapat diperbaiki.

Meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki saluran pencernaan.
Secara tak langsung peran ini sangat berkaitan dengan efek perbaikan pertumbuhan badan. Penelitian mengungkapkan bahwa defisiensi vitamin B1 menyebabkan waktu pengosongan lambung dan usus dua kali lebih lambat yang mengindikasikan sulitnya proses pencernaan makanan yang terjadi sehingga kemungkinan makanan tersebut tidak dapat diserap dengan baik.

Sumber energiVitamin B1 adalah bagian dari koenzim yang berperan penting dalam oksidasi karbohidrat untuk diubah menjadi energi. Tanpa kehadiran vitamin B1 tubuh akan mengalami kesulitan dalam memecah karbohidrat.

Memaksimalkan kerja syarafTanda-tanda pertama orang yang kekurangan vitamin B1 adalah penurunan kerja syaraf. Kegiatan syaraf terganggu karena oksidasi karbohidrat terhambat. Penelitian pada sekelompok orang yang makanannya kurang cukup mengandung vitamin B1 dalam waktu singkat muncul gejala-gejala mudah tersinggung, tidak mampu memusatkan pikiran, dan kurang bersemangat. Hal ini mirip dengan tanda-tanda orang stress.

Tidak kalah dengan kacangnya, kecambahnya juga memiliki manfaat seperti:

  • Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mencegah penyebaran sel kanker.
  • Kandungan vitamin E-nya membantu meningkatkan kesuburan.
  • Sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan. karena bersifat alkalis (basa).
  • Untuk kecantikan, yaitu membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan noda-noda hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan melangsingkan tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar